SUSUNAN ACARA PEKAN OUTBOND DEPARTEMEN
INFORMATIKA
06.45 - 07.00 : Perjalanan Menuju lokasi
07.00 - 07.30 : Pembukaan dan sambutan dari dosen
07.30 - 08.00 : Senam SKJ
08.00 - 09.00 : Pembentukan kelompok dan
penampilan yel-yel
09.00 - 11.30 : Challange games
11.30 - 12.30 : Istirahat dan makan siang + sholat
(bagi muslim)
12.30 - 13.00 : Evaluasi dan penutupan
13.00 - : Pulang
Challenge yang dimainkan
1.Cobak sodor
2.Cublak-cublak suweng
3.Tarik tambang
4.Evakuasi bambu
5.Lingkaran besar lingkaran
kecil
Keterangan game
1.Cobak Sodor: Gobak sodor terdiri dari dua tim, satu
tim terdiri dari tiga orang. Aturan mainnya adalah mencegat lawan agar tidak
bisa lolos ke baris terakhir secara bolak-balik. Untuk menentukan siapa yang
juara adalah seluruh anggota tim harus secara lengkap melakukan proses
bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.
2.Cublak - Cublak Suweng: Tujuan dari permainan ini adalah Pak
Empo menemukan anting (suweng) yang disembunyikan seseorang. Salah seorang dari mereka mengambil kerikil (dianggap sebagai
anting). Lalu mereka semua bersama-sama
menyanyikan cublak-cublak suweng sambil memutar kerikil dari telapak tangan
yang satu ke yang lainnya. begitu terus sampai lagu tersebut dinyanyikan
beberapa kali (biasanya 2-3 kali). Setelah sampai di bait terakhir. Sir-sir
pong dele gosong pak Empo Bangun dan pemain lainnya pura-pura memegang kerikil. Kemudian
pak Empo harus menunjuk siapa yang memegang baru krikil.
3.Tarik Tambang: Tujuan
permainan ini adalah menarik lawan hingga melewati garis, dengan cara beradu
kekuatan dengang menggunakan obyek tali.
4. Evakuasi Bambu: Tujuan permainan
ini adalah melatih kerjasama yang komunikatif. Alat bantu yang digunakan
adalah bambu, air, tali dan bola pimpong Prosedur
dalam permainan ini adalah Tiap kelompok
berlomba mengeluarkan bola dari dalam bambu dengan cara menuangkan air cara
menuangkannya, bambu yang berisi air hanya boleh diangkat dengan menggunakan
tali yang telah disediakan saat melakukan
evakuasi, anggota badan tidak boleh melewati batas aman dari daerah yang telah
ditentukan.
5.Lingkaran Besar Lingkaran Kecil: Permainan yang dilakukan oleh banyak orang, salah satu
orang sebagai pengomando apakah membentuk lingkaran kecil atau besar, dalam
setiap komando lingkaran yang dibuat harus sesui yang diomongkan oleh komando
dan ketika ada salah satu orang yang gagal membentuk kelompok lingkaran akan
diberi hukuman.
Tujuan
1.Menumbuhkan rasa tangung jawab karena
dituntut melakukan tugas yang diberikan
2.Mengasah kerja sama antar mahasisawa
3.Menumbuhkan dan mempererat nilai
social antara mahasiswa Departemen Informatika
4.Menghidupkan kembali permainan tradisional yang telah
ditinggalkan
5.Menumbuhkan rasa solidaritas yang kuat
antara Mahasiswa Departemen Informatika
6.Dan mengasah otak untuk memecahkan
permasalahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar